Kita menanggung tugas suci, yaitu tunduk dan pasrah pada saat kita dihadapkan pada takdir agar hasil yang akan kita peroleh menjadi sebuah kemaslahatan dan kebaikan untuk diri kita sendiri. Dengan menyadarkan diri seperti ini, kita sudah terhindar dari satu kerugian di hari ini dan kehilangan di masa datang.

Kita juga harus yakin , untuk keluar dari segala perasaan yang tak enak ini adalah dengan beriman kepada takdir, karena bagaimanapun takdir tetap akan diberlakukan. Bahkan kalaupun kita harus mengelupaskan diri dari kulit yang membungkus tubuh kita……takdir akan tetap berlaku.

Harry Emerson Fosdick, dalam bukunya : The Power To See It Through, pernah bertanya seperti ini : dari mana kita mendapatkan ide yang mengatakan bahwa kehidupan yang indah dan tenang, yang terhindar dari segala kesulitan dan rintangan, akan melahirkan orang2 besar dan orang2 yang paling bahagia ? kata siapa ?

Yang terjadi justru sebaliknya. Sejarah telah memberikan kesaksian kepada kita semua bahwa keagungan dan kebahagiaan telah menyerahkan pusat kendalinya kepada orang2 yang mempunya latar belakang lingkungan yang berbeda; yaitu lingkungan yang di dalamnya ada kebaikan dan kejahatan dan lingkungan yang tidak memisahkan kebaikan dan kejahatan secara tegas. Di lingkungan semacam inilah tumbuh manusia2 yang mampu memikul tanggung jawab di atas pundak mereka.

Inti kehidupan adalah Iklas dalam menerima takdir. Iklas akan menjauhkan kita dari kesedihan masa lalu dan kecemasan masa depan. Iklas juga akan menempa manusia menjadi seorang sejati yang bertanggung jawab pada kehidupannya sendiri dan bahkan kehidupan banyak orang. Namun begitu tidak mudah untuk menjadi iklas…karena membutuhkan dua kekuatan jiwa yang paling utama: sabar dan syukur.

note : Alam semesta ini telah selesai diciptakan dan telah selesai diatur, tidak ada sesuatu yang bergerak di dunia ini, di alam ini, kecuali atas izinNya. Lalu kenapa harus risau ? ( Sesungguhnya Allah telah menetapkan ketentuan2 atas mahluk2Nya, lima puluh tahun sebelum mereka diciptakan: Al-Hadits)

 
Advertisements