Bukan maunya siapa-siapa jika satu kondisi akhirnya terjadi. Tak ada siapapun merencanakan ketidaknyamanan. Tak ada seorangpun yang menyukai situasi yang menyebalkan. Jadi kalau kamu merasa masuk dalam kondisi yang memuakkan adalah suatu pilihan, itu yang ada di pikiran kamu. Tapi itu bukan pilihanku. Aku tetap merasa itu sebuah rencana yang jauh-jauh hari sudah tertulis untuk di eksekusi pada hari kemarin.

 
Aku pikir, jika itu bukan maumu, bukan pula mauku, lalu mau siapa ? Aku tidak memilih begitu, kamu tidak memilih begitu, lalu itu pilihan siapa ? Sekarang kita sudah terkondisi dalam situasi yang bukan mau siapa-siapa. Kamu mau bilang apa?
Dan masalahnya sekarang adalah, bagaimana kita menindaklanjuti situasi yang diluar kontrol kita. Ini baru pilihan. Kalau kamu memilih untuk pergi meninggalkan semuanya di sini, maka aku memilih tinggal. Menyimpan memoriku dalam kotak terkunci dan akan kularung pada ombak di pantai. Biar dia membawamu pergi ke ujung dunia yang aku tak pernah tau. 
 
Pilihanku kali ini adalah memang pilihanku, dan pilihanmu kali ini adalah pilihanmu. Kita sama-sama tak tau apa pilihan kita benar atau salah. Tapi aku sudah merasa melakukan yang terbaik yang aku bisa lakukan. Sesudah itu aku serahkan pada waktu untuk di selesaikan dan di eksekusikan kembali, terserahlah….. Bukan hakku merangkai cerita karena bukan hakku sesuatu yang berhubungan dengan masa depan. 
 
Jawabannya ada pada besok yang , harusnya, akan aku tindaklanjuti. Sekarang, aku hanya bisa memutuskan secara terbatas karena aku manusia yang hanya bisa berencana. Aku tak akan melakukan apa-apa lagi hari ini. Aku tak punya pilihan lagi. Aku hanya bisa diam menunggu sampai besok memberiku jawaban tentang apa yang harus aku pelajari selanjutnya . 
 
Dan aku tak pernah menyesali apapun yang telah terjadi pada hari-hari ku kemarin, baik itu yang kamu sebut pilihan atau itu yang kusebut takdir karena ada pelajaran yang bisa aku ambil dan aku simpan untuk bekalku bertahan dan menjadi lebih bijak.
 
Note : huff….buat sahabatku…be strong !

 Image