Nasehat itu bunyinya seperti ini : “Pakailah jilbab supaya kamu terlihat cantik. Pilih model yang pas yang membuatmu tambah cantik”

Saya langsung merasa sangat sangat keberatan dengan nasehat itu. Saya tahu saya belum berjilbab, tapi saya juga tahu mengapa saran untuk menutup aurat itu sampai turun.

Jaman itu wanita2 berpakaian ngawur, padahal laki2 di tempat itu sangar2. Wanita2 belum tau aturan berpakaian yang layak sehingga laki2 susah membedakan mana yang pelacur dan mana yang wanita baik2. Lalu ayat yang menyarankan menutup aurat itupun turun! Supaya orang bisa membedakan mana wanita baik2 dan mana wanita yang tak baik pada saat itu.

Ilmu “menutup diri” itu turun dan manusia menggunakannya dengan akal yang mana juga adalah pemberianNYA. So, supaya benar2 selamat dari incaran laki2 jahat, atau supaya selamat tidak disamakan dengan pelacur, wanita baik2 menutupi seluruh tubuhnya dengan ‘cover’ atau khimar. Mereka mendapat ilmu bahwa menutupi diri dari pandangan laki2 lain itu adalah cara paling aman pada saat itu untuk tidak dilecehkan. Bahkan dibeberapa hadist sampai2 mereka disarankan menutupi wajahnya… dan ini dilakukan oleh istri2 para sahabat nabi. Terang saja ini penting mengingat musuh2 mereka banyak dan bisa kapan saja menyakiti istri2 mereka atau bahkan menculik mereka. Itu sebabnya juga dipilih khimar dengan warna2 gelap supaya tak gampang terlihat.

Lalu…. saya mendapat nasehat seperti itu? Oooh.. come oooooooooooooon…

Untuk siapa saya cantik? meski berjilbab tapi kenapa saya harus mempercantik diri? Bukankah kecantikan itu yang harus disembunyikan kalau melihat “sejarah” turunnya ayat?.

Lalu mana yang lebih baik? tak mempercantik diri tapi tampil bersahaja? tak mempercantik diri juga tak mencoba menarik perhatian orang? tak mempercantik diri dan tak keluar rumah? dan semua dilakukan tanpa jilbab hanya dengan baju2 sopan saja? Niatnya menyembunyikan kecantikan kok….

Untuk apa saya berjilbab tapi menonjolkan kecantikan saya dengan segala atribut kebesaran jilbab2 modern jaman sekarang? yang jangankan membuat laki2 tertarik? sesama perempuan saja bisa tertarik dengan kecantikan jilbab jaman sekarang? Apa bagusnya jilbaban?

Esensinya bagus jilbab itu, tapi jangan bilang “membuat kita cantik”…. NO.. jilbab justru harus menyembunyikan kecantikan kita.

#tarik_nafas_panjang

In shaa Allah….. Allah’s wills is my wills….

 

A0lWaF4CUAAMSLA