Doa &  Ikhtiar

Pemikiran saya ini muncul ketika saya sibuk menasehati anak saya. Gara2nya dari 40 soal ujian dia hanya mengisi 10 nomor, sisanya dia biarkan kosong dengan alasan “malas mikir”. Kalau ini cuma ujian harian, saya mungkin tak akan semarah itu, tapi ini ujian kenaikan kelas!

Setiap mereka pergi sekolah saya selalu wanti2: berdoa nomor satu, tulis nama, lalu isi semua soal. Jadi ketika saya menasehati mereka; yang pertama saya tanya adalah : apakah mereka berdoa? meminta tolong pada Allah? . Mereka mengangguk. Lalu saya bertanya lagi: kalian berdoa untuk minta tolong Allah kan? (mengangguk), tapi bagaimana Allah bisa menolong kalian kalau semua soal tak ada jawabannya? kalau kalian tak mau berpikir?, kalau kalian tak mengisi jawabannya? Paling tidak ketika kalian berpikir, Allah memberi jawaban lewat pikiran kalian. Atau ketika kalian ragu2 dengan sebuah jawaban apakah benar atau salah, Allah menguatkan kalian untuk menulis jawaban yang bisa jadi memang jawaban yang benar. Setidaknya kalian melakukan sesuatu, setidaknya kalian berusaha sehingga Allah bisa memberi bantuanNYA. Tak mungkin Allah yang menuliskan jawaban buat kalian kan?

Lalu saya seperti tersadar oleh sesuatu….

Dalam kehidupan nyata, begitu banyak kita berdoa, tapi tidak melakukan ikhtiar ke arah doa yang kita inginkan terkabul. Sama seperti anak saya, yang tidak mau , menulis jawaban dari soal2 yang diberikan.

Berdoa ingin lulus ujian tapi tak mengisi jawaban soal ujian, sama halnya dengan berdoa ingin kaya tapi tak melakukan usaha apapun, sama halnya dengan berdoa ingin sehat tapi tak berusaha kearah sehat….

Sama seperti ketika anak saya tak tau jawaban yang benar, tapi misalkan dia tetap menulis jawaban yang dia pikir benar, Allah bisa membuatnya benar. Sama dengan usaha kita juga, meski kita tak tahu apakah usaha kita akan membawa hasil, sepanjang kita tak putus asa mengusahakannya, bisa jadi memang ada hasilnya kelak. Yang penting, beri celah untuk bantunNYA masuk pada kita, beri alasan padaNYA supaya kita dibantuNYA.

Manusia tak hanya dilihat doanya… tapi juga usahanya… dan dengan cara itulah kita mengharapkan RahmatNYA

Advertisements