Alhamdulillah sebentar lagi ramadhan, semoga kita bisa melewatinya dengan sangat mudah, lancar, dan sesuai dengan harapanNYA. Karena tak semua orang yang tahun kemarin masih bisa menjalani ramadhan, taun ini tak lagi bisa karena telah dipanggilNYA. Semoga kesempatan yang masih diberikan pada kita tahun ini bisa kita manfaatkan semaksimal mungkin. Aamiin.

Tadi saya mendengarkan dakwah Ust. Nouman soal ramadhan, panjang sih 1.5 jam-an more less, tapi akan saya tulis yang nyantol di kepala saya saja sebagai catatan pribadi.

Ramadhan itu adalah bulan turunnya Quran yang kita rayakan selama 30 hari dengan “ketakwaan”. Kalau orang lain merayakan sesuatu cukup 1-2 hari perayaan, turunnya Qur’an dirayakan selama 30 hari! that’s a really really big blessing that is worthed it to be celebrated that long.

Ramadhan itu adalah training hati. Melatih hati kita untuk full takwa sehingga mampu mengontrol 100% tubuh kita, yang akibatnya membuat kita mampu pula mengontrol kondisi diluar tubuh kita. Kalau selama ini urusan dunya dan urusan tubuh selalu kita menangkan setelah urusan hati , pada saat ramadhan kita mengembalikan fungsi hati ke posisi awal sebagai “pengontrol utama” segala tindakan kita atas nama Allah, atas nama takut pada Allah.

Ramadhan itu setan2 di kurung, supaya kita mudah menjalaninya. Godaan2 yang muncul datangnya dari nafsu kita sendiri. Rasa haus datang dari kerongkongan yang berteriak meminta haknya, rasa lapar datang dari perut yang biasa dimanjakan, dan nafsu2 yang bersarang di jiwa manusia. You will feel , bahwa tanpa setanpun kita sudah kerepotan fight dengan nafsu kita sendiri, itu sebabnya Allah merasa cukup mentraining hati kita selama 30 hari, karena jika dilaksanakan sungguh2, 30 hari itu cukup buat bekal untuk kembali ke medan perang kehidupan, berperang melawan bujukan setan dan nafsu sendiri. Tapi akan lebih mudah jadinya jika kita sudah sukses membersihkan hati untuk kembali memimpin tubuh dan mengontrol nafsu. Bukan sebaliknya (seperti biasa nafsu yang mengalahkan hati sehingga setan mudah mempengaruhi). Karena ketika nafsu tak lagi menguasai kita, kita akan lebih mudah mengalahkan setan. Follow me?

Jadi, ramadhan itu, seperti janji Allah, dimudahkan buat kita dengan cara setan2 diikat semuanya (itu yang pertama), yang kedua , masalah2 yang terjadi dan menjadi ujian selama ramadhan itu akan “berbeda” dengan masalah2 diluar ramadhan (dipermudah seolah olah hanya merupakan  simulasi masalah yang lebih essensial). Mau bukti bahwa ramadhan ini dipermudah? coba deh puasa 1 hariiiii saja diluar ramadhan, pasti beratnyaaaaaaaaaaaaa naudzubilla mindzalik. 😀

Sudahlah ramadhan itu dibuat untuk kepentingan dan kebaikan kita sendiri, ramadhan yang merupayakan perayaan spiitual (perayaan jiwa) juga penuh dengan “hadiah2” yang nilainya besar2 untuk perbuatan2 baik kita. Jadi rugi banget kalau kita gak berlomba dengan gembira merebut semua hadiah2 itu. Perbuatan baik kecil yang biasanya bernilai satu bisa bernilai 10 di bulan ramadhan.

Semoga kita bisa melalui ramadhan dengan luar biasa bagus sehingga menyenangkan Sang Pencipta dan mampu menjadikan kita manusia tangguh selama setahun kedepan sampai ke training ramadhan berikutnya. Aamiin

3e1576ae62909bda7cdecec550ba944f

c3ea601e02313e6298f989b57bc7ff0c f7571df0bd5f5c428cc2bf2555c35cdc

Advertisements