Terus terang saja baru ramadan ini saya “ngeh” dengan malam 1000 bulan. Sebelumnya kok rasanya saya gak peduli. Tapi tahun ini hati saya digetok supaya membuka menerima ilmu soal malam qadr.

Awal2nya saya berpikir lailatul qadr cuma buat orang2 pious, alim, yang ibadahnya sudah tingkat tinggi. Levelnya up up terbang ke langit. Ternyata tidak (inilah ruginya orang tak berilmu). Ternyata ini berlaku untuk semua muslim dan semua tingkat keimanan. Berarti saya bisa?! Bisa!!

Gila aja knapa baru tau sekarang???

Takut anak2 saya mengalami naas serupa, segera saya transfer ilmu kepada mereka.

Saya bilang: Allah memberi kita dua hadiah besar dalam setahun. Yang pertama Allah memberi kita rajanya bulan yaitu bulan ramadan. Dibulan ini kita puasa untuk dijadikan warrior dan diberi banyaaaaaaaaak sekali hadiah. Bahkan saking banyaknya hadiah itu sampai bisa menutupi dosa dosa kita.

Yang kedua Allah memberikan rajanya hari, yaitu malam lailatul qadr. Malam ini penuh dengan harta karun, yang kalau kamu bisa dapat, buku kebaikan di bahu kananmu akan dipenuhi tulisan kebaikanmu selama 83 tahun atau 1000 bulan!!! Buku catatan baikmu bisa tiba2 lebih beraaat dari buku bahu kirimu yang isinya dosa dosamu. Apalagi kalian masih umur 11 tahun. Tapi buku baiknya sudah berat karena diisi kebaikan 83 tahun. Tapi….harta karun 1000 bulan ini di hint ( pakai istilah game ps) oleh Allah di 10 hari terakhir ramadan. Kenapa? Supaya selama 10 hari itu kamu berusaha ibadah terus. Karena kunci utk membuka harta karun itu ada di ibadahmu. Tp lagi kalau kamu mau istirahat boleh, yaitu di malam2 genap karena malam 1000 bulan adanya di malam2 ganjil. Tiap ramadan,  jatuhnya qadr di malam ganjil yang berbeda. Bisa di malam 21, 23, 25, 27, atau 29. Diantara itulah harta karun disembunyikan.

Anak2 saya makin antusias.

Nah malam lailatul qadr itu ada ciri2nya. Katanya nabi saw, ga ada angin bertiup, sangat tenang dan ga ada suara apapun. Daun2 di pohon diam tak bergerak. Udara gak panas dan ga dingin. Gak ada meteor yg jatuh ke bumi (kata NASA). Bahkan air yg keluar dari kran pun bisa tenang woles. Kadang2 ada gerimis atau hujan. Paginya kita bisa lihat matahari tanpa silau. Berbentuk lempeng bundar kemerahan dengan sinar yang lemah. Cuaca pagi akan cerah dan tak panas.

Kata nabi, malam itu beribu ribu malaikat turun bergelombang ke bumi dan menemani muslim2 yang beribadah. Itu juga sebabnya ibadah saat 1000 bulan biasanya lebih khusyuk, lebih asik, lebih dinikmati, dan lebih gak terasa lamanya meski lama…. Kita ditemani beribu malaikat yang ahli ibadah semua loh! Jadinya gitu

Anak saya nyeletuk : aku jadi merinding bahagia….

Dan begitulah, malam tadi mereka semangat 45 menyambut qadr. Main melulu sih semaleman bukannya zikir, tapi mereka menggelar sajadah untuk tahajud. Menadahkan tangan minta hp 400 biji, yang satu minta uang yang banyak.

Oh well… Tak mengapa, namanya juga anak2. Paling tidak mereka menjalani proses spiritual yang saya harap tak akan mereka lupakan seumur hidup, dan selalu berharap ramadan sebagai hadiah, dan lailatul qadr sebagai hint treasure yang harus mereka cari di malam2 ganjil 10 hari terakhir ramadan.

Saya hanya gak ingin mereka telat tau seperti saya. Hehehehehe…
But, alhamdulillah telat tau daripada enggak tau sama sekali kan?

image

Advertisements