Somehow, soal perdebatan disana sini tentang KIH or KMP ini, buat saya pribadi bukan ke politik maternya, tapi lebih ke manner. Of coz, dengan kata lain: manner in politic zone.

Contoh kecil, ada seorang  yang lulusan ITB misalnya, which pride and prejudice nya tinggi karena jebolan universitas bergengsi di Indonesia bahkan punya rank di tingkat internasional. But, manner dalam berpolitiknya itu, buat saya, gak bagus, gak clever, gak smart, gak bijak. Why? karena dia menyerang kemampuan seseorang dalam memimpin bangsa ini sementara, dia sendiri menunjukkan ketidakmampuannya dalam memimpin keluarga (kecil)nya sendiri which is cuma 5 orang. So many teories yang dia pakai menyerang presiden yang bukan pilihannya, bilang penipu lah, bilang sang presiden hanya bisa top topnya level pengurus pasar dan lain-lain yang merendahkan sekali, tapi teori itu gak dia pakai untuk dirinya sendiri. Dia sendiri toh  bisa tak mampu beri makan keluarganya, tak mampu menjamin kesehatan keluarganya, dan top top nya dia sekarang ternyata adalah pengangguran. THIS!!! I dont like!!! WHO are you??? and how dare you judge people that you alone have failed to prove you are in the right track of mind or condition. Jangan bicara seperti itu kalau memang belum “jagoan” seperti orang yang dikritik dong.

Orang seperti itu bukan satu… tapi berjuta juta. Ada lagi orang yang namanya si Jonru itu. Melihat omongan2 hasil kepalanya, seolah olah dia yang paling jago dan tau banget how to membuat Indonesia maju jaya. But in fact, who is he? Dia bahkan tak mampu mengumpulkan lebih dari 10 orang dari acara seminar yang diadakannya. Dia seorang penulis buku yang, buku-bukunyapun bukanlah best seller, bahkan orang tak tau buku karya dia tuh apa saja. But look his manner! As if he knows everything, and the presiden knows nothin!!

Now dont talk about this nation, lets talk about the presiden alone…

Gimana presiden ini memimpin keluarga kecilnya? apa prestasinya? Lihat karakter anak-anak hasil didikannya. Lihat keharmonisan hubungannya dengan ibunya dan istrinya; dua orang penting yang dalam islampun menjadi indikator baiknya karakter seseorang, lihat juga cerita kehidupan dan perjuangannya. Siapa yang lebih berprestasi? kita yang mengkritik kemampuannya memimpin? atau dia? Kalau kita setara dengan dia, fine! say your critics… artinya kemampuan kita setidaknya sama dengan dia.

Kalau saya boleh ibaratkan, seperti tukang becak yang gak kuat makani keluarga karena idealismenya, lalu mengkritik walikotanya sendiri seolah-olah si tukang becak ini bisa menggantikan kedudukan si walikota. Heyyy, menjadi walikota itu tak gampang, perlu banyak prestasi, perlu banyak kerja, berilmu, bermasyarakat, dll yang tak dimiliki tukang becak. Di medsos, si tukang becak ini bisa jadi orator yang luar biasa dengan teori2 yang CUMA dia caplok dari sana sini… tapi ketika menemui walikotanya langsung, look what happen…dia akan mengkerut, merasa kecil di depan orang yang selama ini dia benci yang ternyata memiliki kharisma kepemimpinan yang memang tak dimiliki sembarang orang. Karisma itulah yang membedakan mereka berdua. Bahwa yang satu kemudian naik ke puncak kepemimpinan dan yang satu tetap jadi tukang becak jago orasi.

Saya yakin 100%, kharisma seorang pemimpin tak bisa disebut sesepele sebuah pencitraan. Never ever. Cahaya itu pemberianNYA. Kharisma itu sebuah attachment orang baik yang disematkan Sang Pencipta karena perbuatan2 baiknya. Bahkan orang yang membencinya setengah mampus pun, yang setiap hari mengeluarkan statement hujatan pada sang presiden, ketika bertemu what happend? dia menundukkan kepalanya dalam-dalam, meringkuk tak kuat menahan pancaran karisma sang pemimpin. Yang punya karisma? ya biasa aja nyantai… hatinya damai dan tentram kok… adem ayem… gak ada benci gak ada dendam….

Bagaimanapun orang yang salah, akan selalu merasakan kalah dari orang yang benar bahkan hanya dengan kharismanya. Trust me…

f5cba2dc6dbe9e2d3b5d83f45a30ef1fb4c11ff2d85fc95f69bc98556b39597d392e928523e7da0d44e9e0f750e8c03bfa63953731dfc8bdf8f31e965472992c4c3ad2e0cd970bfb0f2eeb532e816d08dfcf2d25aa0fd6981b689834fe6e7297

Advertisements