Ibu mungkin tak sama dengan ibu-ibu teman temanmu yang lainnya. Ibu tak biasa menciumimu di depan umum atau memelukmu sering2. Tapi ibu menciumimu ketika kau tertidur pulas dan menggenggammu erat2 ketika menyebrang jalan. Ibu takut kehilanganmu.

Ibu tak biasa memanggilmu “sayang”, tapi ibu begitu sayangnya padamu sampai2 ibu tak pernah mau lama lama meninggalkanmu sendirian dirumah, atau dimanapun dimana kau akan sendirian.

Ibu tak bisa membelikanmu makanan2 enak, tapi meski begitu ibu tak mau makan enak sendirian. Kau pasti ibu buatkan lebih enak lagi, atau ibu bungkuskan jatah ibu untuk di bawa pulang, ibu beri padamu. Ibu tak bisa menelan makanan enak kalau kau tak ikut menelannya juga.

Ibu tak bisa membelikan semua keinginanmu, tapi ibu selalu berusaha memenuhi kebutuhanmu, meskipun harus menerjang hujan badai di malam kelam untuk mendapatkan sebutir ponstan penawar sakit gigimu.

Ibu mungkin tak bisa menjadi malaikatmu, tapi ibu menjagamu dalam doa doa ibu dan dalam setiap kecemasan dan kekuatiran ibu tiap kali kau jauh dari ibu.

Ibu mungkin tak seramah dan sebaik ibu ibu yang lain, tapi di hati ibu cuma ada anak2 ibu, dan setelah matipun ketika memori kita disisakan sedikit olehNYA, ibu cuma bisa mengingat kau.

Begitu berartinya kau bagi ibu, sehingga ibu tak bisa melukiskan sebesar apa arti itu. Bahkan dalam amarah dan kekesalan yang memuncak akibat kenakalanmupun ibu masih mencintaimu, menyayangimu dan mengkuatirkan kesehatan dan keselamatanmu.

Ibu bukan ibu sempurna seperti yang kau mungkin inginkan, tapi ibu telah mencoba semaksimal mungkin menjadi ibu yang terbaik untukmu, dengan segala kekurangan ibu.

Bagi ibu, kau adalah setengah jiwa bahkan 3/4 jiwa ibu. Kau kawan ibu, kau penjaga ibu, kau semangat ibu, kau juga charger ibu, kau adalah hadiahNYA yang sangat ibu syukuri diatas segala hadiah dibumi ini. Jadi jangan pernah kau pikir ibu tak sayang karena ibu marah, atau ibu benci karena ibu kesal padamu. Itu tidak pernah.

Ibu menyimpanmu dalam hati selalu, dalam jiwa, dan dalam setiap tarikan nafas dengan berjuta untaian doa penuh kasih sayang dan rasa syukur untukmu yang tak putus putus kecuali oleh kematian.

e939a772320c8afa98e7ebd717b6ee0d

Advertisements