Tadi malam ketika nutor pr anak-anak, saya sempat marah2 dan ngomel2 panjang lebar sepanjang Sungai Bengawan Solo pada salah satu si kembar. Gara2nya dia mengeluh tak suka sekolah di sekolahnya yang baru dengan alasan “jauh”

Tapi itulah wanita yang pikirannya bisa nyabang2 seperti pohon. Saya bisa bicara soal a sambil memikirkan soal b, lalu menyimpulkan soal c. Luar biasa…

Tiba2 ditengah ceracau marah yang unstopable, saya menyebutkan kalimat ini yang kemudian membuat hati saya tertegun. Oh wow… begitu cepatnya pikiran saya mengolah data untuk disemprotkan lewat mulut, sampai saya tak menyadari betapa hebatnya hasil olahan itu. Ini bunyi kalimat yang tertangkap oleh kuping saya dan dikembalikan ke otak saya : jangan kamu pikir kamu akan lebih senang tinggal di Bandung daripada disini, atau akan lebih betah sekolah di sekolah yang dekat daripada yang jauh, atau akan lebih suka ke sekolah diantar motor daripada naik sepeda, dan lain lain. NO!!! manusia itu tak akan pernah merasa puas. Ketika kamu diberi A kamu akan pikir B itu lebih baik, ketika kamu diberi B, kamu akan pikir C itu lebih baik. Lalu sampai kapan kamu terus berpikir begitu??? selama kamu tak tau bersyukur, selama itu pula kamu akan merasa tak puas dengan apa yang kamu punya!!!. Hanya rasa SYUKUR yang bisa memuaskanmu dan menghentikan kamu di tempat yang paling baik yang Allah telah berikan untuk kamu! Mengerti kamu???

Anak saya diam. Ntah ngerti ntah tidak, tapi semoga dia mengerti. Sementara saya menjadi terdiam juga dengan kalimat2 itu. Saya tidak sedang menasehati anak saya saja ternyata tapi diri saya sendiri juga. Benar, hanya rasa syukur yang mampu meletakkan kita diposisi terbaik yang Allah berikan. Hanya rasa syukur yang mampu menghentikan segala rasa ketidakpuasan kita pada hidup ini, dan hanya rasa syukur yang bisa menyelesaikan semua keinginan yang tak terpenuhi.

Tak ada yang bisa menjamin dengan apa nafsu kita akan terpuaskan. Tak ada. Hanya rasa syukur padaNYA yang bisa menjamin. Tak ada yang bisa menjamin hidup di tempat lain lebih baik dari hidup disini, tak ada. Tapi begitu kita bersyukur, kita tau pasti disinilah tempat terbaik bagi kita. Apapun pemberian Allah kepada kita saat ini adalah bentuk kasih sayangNYA untuk kita, karena DIA pilihkan yang terbaik untuk kita, meskipun hanya DIA pula yang tau se-terbaik apa pemberianNya itu. Tapi dengan bersyukur kita telah memegang kunci semua kepuasan di bumi ini.

Tidak mudah memang, dan grafik rasa syukur itu up and down. Tapi sudah beberapa kali terbukti, bahwa nafsu memang hanya bisa dihempas oleh syukur….

97645e3328d6d303578d3986eca3f9c0

