Jaman sudah mulai bikin bingung…kebenaran2 itu menyelinap tak banyak karena selalu kena sweeping orang2 yang berkepentingan sesuatu. Really, pegangan kita akan benar2 berakhir pada Qur’an dan sunnah (itupun kelak qur’an akan dimusnahkan dari muka bumi ini!! cepatlah mencari sahabat seorang hafiz!!!)… dan makanan kita akan benar2 berakhir pada dzikir!!!

Tiba2, saya di info kan dengan setumpuk bukti bahwa Assad itu seorang sunni dan bukan syiah??? Ada kekuatiran besar dalam dada saya, rasa takut karena telah salah menuduh orang? dan memakan bangkainya? astagfirullah…

Lalu kejadian soal ISIS inipun menuai banyak pro dan kontra yang bikin bingung banyak orang (soal ini in shaa Allah saya tak bingung ). Intuisi saya jelas bilang mereka bukan menjalankan ajaran Islam! Disatu sisi saya lihat banyak kawan mendukung mereka, di satu sisi saya lihat banyak yang menentang, begitu juga dengan PKS, disatu sisi saya lihat pengikutnya waras semua, disatu sisi mereka bersalut pada wahabis, ikhwanul muslim, bahkan ISIS? Syiah pun begitu, ternyata ajarannya terpecah menjadi dua, ada yang ekstrim, ada yang biasa saja seperti halnya NU atau Muhammadiah. Dan negara yang saya pikir selama ini adalah sarang komunis justru dihuni oleh 85% Kristen ortodok yang ajarannya dari Injil perjanjian lama yang justru membenci komunisme. Damn!!!

Ternyata saya tak banyak tau ! dan kesadaran saya atas ketidaktahuan saya itu membuat saya lebih berhati-hati sekarang, baik saat mengutuk atau menghujat sesuatu, lebih baik lagi untuk tidak sama sekali mengutuk atau menghujat !! Mengapa? tiba2 saya merasa takut luar biasa, saya takut diposisikan pada posisi merasa benar terhadap yang salah, dan disesatkan terus karena kesombongan saya itu (bahwa saya tahu banyak padahal tidak!!!). Saya tak lagi berani berkwek-kwek membebek. Saya takut menuduh salah pada yang benar… atau takut membenarkan pada yang sebenarnya salah!

Kocar-kacir kejadian di dunia ini yang menyangkut politik dan Islam, my faith, really membuat saya membuka mata lebar2 sekaligus belajar banyak bahwa I KNOW NOTHIN!!!! and because tindakan saya , dan ucapan saya kelak akan dimintai pertanggung jawaban, maka betapa dungunya saya jika terus melanjutkan kesombongan ini. Man, i know nothin!! Satu2nya hal yang menjamin keselamatan saya hanyalah : do my best! do best with my mouth, my hand, my fingers, my tongue, may thought and my heart. Do no harm!

43740f7de6b1e18a07c95180df265aff 412e9a2c339e8c72d54fbd9757081961 1cbbd7cf25a1ca861367dc58041714dd

