Afirmasi diartikan sebagai penegasan atau penguatan. Kalau Anda pernah mendengar pepatah ini “Kita adalah apa yang kita pikirkan” menjadi penegas dari afirmasi itu.

Afirmasi digunakan untuk memprogram ulang pikiran anda dan membuang kepercayaan yang keliru dalam pikiran Alam bawah sadar ( subconcious ) anda. Tidak ada bedanya apakah kepercayaan tersebut nyata atau tidak, pikiran subconcious kita selalu menerimanya sebagai realita kenyataan dan mempengaruhi pikiran concious kita dengan suatu ide atau suatu pemikiran lain.

Afirmasi adalah suatu pernyataan sugestif yang diulang-ulang. Harapannya, afirmasi dapat memprogram pikiran bahkan mendatangkan keajaiban dalam kehidupan.

Namun, apakah afirmasi bisa benar-benar merubah kehidupan seseorang?

Jawaban singkatnya, afirmasi bisa berguna jika diaplikasikan secara tepat. Tapi kalau afirmasi hanya sekedar diulang-ulang saja sepanjang hari, tidak akan terlalu berpengaruh kepada kesuksesan.

Afirmasi, seperti juga doa dan hipnotis, bisa bekerja ketika pikiran sedang tenang dan terfokus. Bahasa spiritualnya; khusyu’ sedangkan bahasa ilmiahnya: otak sedang dalam keadaan alpha-theta.

Afirmasi menyetel pikiran seseorang lewat pemrograman alam bawah sadarnya. Konsentrasi, fokus, dan semangat akan meningkat seiring dengan meningkatkan tingkat keberhasilan afirmasi dalam mempengaruhi alam bawah sadar.

Untuk afirmasi berhasil dalam mempengaruhi alam bawah sadar, seorang harus menurunkan gelombang kesadaran otaknya.

Apa yang dilakukan untuk afirmasi membuka dan mempengaruhi alam bawah sadar tersebut sehingg maksud dan tujuan Anda berhasil? Berikut beberapa cara yang dapat di gunakan antara lain :

  1. Repertisi / Pengulangan

Dengan kita terus melakukan sesuatu hal secara terus menerus, atau mengulang affirmasi tersebut secara terus menerus, maka secara tidak langsung alam sadar dan alam bawah sadar kita akan terbiasa menerima informasi yang sama terus menerus. Perulangan tersebut akan menjadi kebiasaan yang disimpan oleh alam bawah sadar tersebut.

  1. Emosi yang Intens.

Kondisi emosi yang intens, seperti saat kita sedih, marah, ataupun sedang sangat terfokus (bersemangat) dapat membangkitkan gelombang alfa. Sehingga apa-pun yang terarfirmasi saat itu, akan langsung menjadikannya perintah yang informasinya akan disimpan oleh alam bawah sadar kita.

  1. Kondisi Rileks

Kondisi rileks membuka pintu ke alam bawah sadar kita hingga terbuka. Relaksasi seperti meditasi menjadi cara yang bisa membangkitkan gelombang alfa.

  4.Hypnosis diri

Hypnosis diri merupakan cara cepat, membuka gelombang alfa. Ketika seseorang sedang dalam kondisi hypnosis, itulah saat yang mudah untuk mempengaruhi alam bawah sadar seseorang.

Oleh sebab itu , affirmasi yang optimis akan membantu anda dalam mewujudkan cita-cita dan harapan yang ingin Anda capai. Affirmasi tersebut akan mengubah hal-hal yang negatif menjadikannya positif yang berarti memberikan ruang harapan dalam alam bawah sadar kita untuk melakukan perilaku yang positif dan menetralisir efek-efek negatif yang akan timbul.

Anda dapat menggunakan affirmasi untuk meningkatkan rasa percaya diri, menyembuhkan luka batin, menambah keyakinan, atau pun sekedar melakukan rileksasi dengan affirmasi.

Contoh Afirmasi : 

Untuk menumbuhkan Sikap Positif

Saya percaya akan kemampuan saya, mampu mengendalikan diri sendiri, penuh dengan kemandirian dan tekad yang kukuh. Saya memiliki hati yang berani dan citra diri yang positif. Saya percaya diri, optimis, dan antusias menatap ke depan untuk menghadapi tantangan-tantangan baru dan muncul sebagai pemenang.”

Untuk kesehatan Jasmani & Rohani

Mulai hari ini saat ini  detik in dan seterusnya ,Saya terbebas dari rasa takut dan merasa lebih percaya diri. Apapun yang terjadi, saya tidak pernah kehilangan kesabaran saya. Saya menghargai diri saya sendiri dan berperilaku secara bermartabat. Saya mejalani diet dengan taat dan berat badan saya mulai turun. Merokok atau narkoba hanya untuk orang sakit.  Saya berhenti. Saya adalah penentu nasib saya sendiri, kapten jiwa saya. Semua rasa sakit saya mulai menghilang dan tak lama lagi akan hilang selamanya.

Untuk meraih Kekayaan dan Sukses

“. Saya bercita-cita untuk menjadi sukses dan kaya. Pemikiran kreatif saya membukakan pintu menuju keberlimpahan. Yang kini saya khayalkan sama dengan yang saya akan raih. Saya sungguh berkeras hati, ambisius, dan bertekad bulat, Saya sangat yakin seratus kali dari yang sebelumnya ”.

Untuk meningkatkan daya kemampuan Otak Fikiran

“.hari demi hari Pikiran saya semakin cerdas dan tangkas. Prestasi dan kemampuan belajar saya terus meningkat setiap hari Saya berfikir lebih  jernih dan kreatif:.

Untuk membangun kharisma wibawa

“.diri saya memancarkan cahaya kehangatan batin yang tulus dan rasa persahabatan sejati kepada semua orang. Saya bangkit  dengan kekuatan sendiri . Tegar, dan mandiri. Memiliki kecerdasan dan  berwawasan luas . Saya akan menjadi seorang manusia kharismatik dan wibawa”.

Untuk Menghilangkan Stress

“.Saya merasa enteng. Saya merasa damai dengan diri saya sendiri, dengan dunia dan dengan setiap orang yang ada di sekeliling saya baik fisik maupun emosional. Saya sungguh tenang rileks,dan damai dalam harmoni serta keseimbangan yang mantap. Relaksasi yang sebesar-besarnya adalah milik saya. Saya rileks, saya sungguh rileks”.

Pilih satu atau lebih dari cara berikut untuk menggunakan afirmasi dalam hidup Anda:

  • Menuliskannya pada catatan dan menempelkannya serta meletakkan kalimat affirmasi tersebut di tempat di mana Anda akan sering membacanya, seperti pada dinding di samping tempat tidur Anda, pada dashboard Anda atau di cermin kamar mandi, almari pakaian atau tempat yang strategis lainnya.
  • Menulis satu halaman penuh dan membacanya keras kepada diri sendiri sebelum tidur.
  • Katakanlah , ucapkanlah atau bernyanyi dengan lantang untuk diri sendiri di kamar mandi atau selama menyetir.
  • Ucapkan kalimat affirmasi tersebut secara diam-diam untuk diri sendiri ketika Anda berada dalam situasi yang menantang.
  • Tulis kalimat affirmasi tersebut dalam jurnal harian.

Lakukan dan Nikmati perubahan dan hasilnya dalam kehidupan Anda!

Selamat mencoba

Source : http://www.hypnotherapy.web.id

——————————————-

Pendapat saya pribadi:

Dalam islam kitapun mengenal apa yang disebut afirmasi ini bahkan bisa lebih dasyat efeknya, “Berprasangka baiklah terhadap Allah” sesuai dengan sabdaNYA Yang Maha Benar “Aku adalah sebagaimana prasangka hambaKU”

Dan banyak sekali kalimat2 suci yang bisa kita jadikan sebagai afirmasi yang justru lebih hebat dari afirmasi sugesti tulisan ahli psikologi…  ini adalah beberapa diantaranya:

This slideshow requires JavaScript.

Advertisements