Sebenarnya, kita bisa mengurangi beban hidup dan masalah dengan rahasia simpel ini saja: jauhi dosa, lakukan kebaikan. Titik.

Kau tak suka pada suamimu atau istrimu? jauhi dosa, lakukan kebaikan. Kau tak suka pada orang2 yang menyakiti hatimu dan jahat padamu? jauhi dosa, lakukan kebaikan. Bahkan ketika sekali, dua kali , berkali kali kau jatuh dalam kubangan dosa? tetap berusaha jauhi dosa dan lakukan kebaikan. Juga ketika kau dikata-katai untuk apa lakukan kebaikan jika masih tak bisa menghindari dosa? tetap berusaha jauhi dosa dan lakukan kebaikan. Tak punya apapun? miskin? jauhi dosa lakukan kebaikan. Dst..dst… ternyata itu saja, itu saja!!

Pilihan2 di kepalamu dan dihatimu yang kelak akan mengendalikan ragamu itu, selalu “hanya” diberi dua macam pilihan : jauhi dosakah? lalu lakukan yang baik? atau do dosa dan menjadi salah? Contoh ketika kau diberi pilihan untuk mengucapkan : dasar tolol! kau masih punya pilihan lain untuk diam.  Tapi ketika kau memilih mengucapkan dasar tolol pada orang yang mencintaimu (atau bahkan membencimu) maka kau telah tak menghindari dosa. Tapi ketika kau memilih diam, kau telah melakukan kebaikan.

Masalah2 yang bersimulasi di sekelilingmu itu akan bagai rangkaian puzzle berantakan yang jatuh teratur di tempat yang benar jika kau meneguhkan hatimu untuk tetap memilih melakukan kebaikan, medisiplinkan “dirimu” sendiri untuk melakukan kebenaran, dan berjuang keras menghindari dosa. Potongan2 puzzle yang membingungkan itu akan perlahan melayang jatuh di tempat yang seharusnya… membentuk keindahan tertentu. Kau hanya mengendalikan dirimu sendiri, dan DIA yang akan menyelesaikan puzzle kacaumu itu.

Kau dan hati yang kau disiplinkan itu, jika telah mencapai kebenaran akan seperti magnet yang mampu mengendalikan semua hal yang beredar disekelilingmu, menjadi teratur pada jalur kehendakNYA. Seperti juga matahari yang dikelilingi planet2. Ketika kekuatan kebenaran yang kau pelihara didalam hatimu membesar mencapai kehendakNYA, maka masalah2 disekitarmu mengecil, men-debu dan tak berarti.

Kau adalah muara jalan keluar dari semua masalahmu. Tak perlu kau bersusah payah mencari kambing hitam hidupmu, mencari pembenaran, mencari psikolog, mencari sejuta cara jitu yang kau pikir bisa menyelesaikan masalahmu karena ternyata kau sendirilah yang memegang kunci atas semuanya itu. Kendali itu ada pada hatimu.. pada ketegasan pilihanmu, kejituan mata hatimu, dan kedekatanmu padaNYA sehingga antara dosa dan kebaikan begitu jelas batasnya… tak pernah abu-abu bagimu melainkan hitam dan putih…. memudahkanmu melihat lalu memilih.

Seperti itu…

3ec3643b6d030814727ac6512bd9130b

Advertisements