Alam sebagai ibu….

Benda2 yang dilahirkan dibawah lingkaran bulan, dimulai dari keadaan yang paling rendah dan tidak lengkap, dan berkembang menjadi yang paling lengkap dan paling bagus. Ini terjadi sejalan dengan berlalunya waktu dan jam, sebab alam tak menerima curahan dari benda2 angkasa secara sekaligus. Sebaliknya, ia menerimanya secara lambat laun, sedikit demi sedikit, sebagaimana seorang siswa cemerlang menerima ajaran dari guru yang pandai. ( Ikhwan Al-Shafa).

Alam adalah wilayah tempat munculnya 4 sifat : kehidupan, pengetahuan, hasrat dan kekuatan  (Ibn Al-Arabi)

Ibu dalam nasehat Rasulullah saw:

Nabi ditanya: “Diantara semua orang, siapakah yang paling pantas menerima kebaikan cinta kasih (birr)?” Nabi menjawab, “Ibumu”. Penanya itu bertanya lagi, “Setelah itu siapa?” Nabi menjawab, “Ibumu”. Dia bertanya lagi, “Setelah itu siapa?” Nabi berkata,”Ibumu. Setelah itu baru ayahmu.”

Birr atau kebaikan penuh cinta adalah sifat Illahi (QS 52:28) yang menyerap eksistensi dan terwujud terutama dalam diri pada ibu. Dan sebagaimana ibu mencintai kita, kitapun harus mencintai dan baik terhadap ibu. Ibu patut menerima cinta kasih , kebaikan, dan kebaikan tertinggi sebagai balasan.

Risalah mengenai hak ibu

Hak ibumu adalah bahwa kamu mengetahui  dia mengandungmu dimana tidak ada orang yang mau mengandung siapapun, dia memberikan padamu buah dari hatinya yang tidak akan diberikan orang lain, dan dia melindungimu dengan segala dayanya.

Dia tidak peduli dirinya kelaparan selama kamu bisa makan, tidak peduli dirinya kehausan selama kamu bisa minum, tidak peduli dirinya telanjang selama kamu bisa berpakaian, tidak peduli dirinya terbakar terik matahari selama dirimu bisa berlindung, .

Dia berjaga tanpa tidur demi dirimu, dia melindungimu dari panas dan dingin, agar kamu menjadi miliknya.

Kamu tidak akan mampu menunjukkan rasa terimakasih kepadanya, kecuali lewat pertolongan Tuhan yang akan memberimu keberhasilan.

(Ali ibn Al-Husayn)

Ibu sang pemilik rahim

Rahim berasal dari akar kata yang sama dengan rahmah (belas kasih). Kamus mendefinisikan rahim sebagai bagian dari perut dimana bayi berasal. Rahim juga berarti ikatan darah, persaudaraan atau hubungan keluarga dekat. Rahmah didefinisikan sebagai belas kasih, rasa kasihan, kasih sayang, kelembutan, kecenderungan untuk membantu seseorang. Semua itu merupakan sifat alamiah dari seorang ibu terhadap buah dari rahimnya…

Pic: me and my universe…

topi ibu

 

Advertisements