“Ibu, aku baru tau kalau sholat itu menyembah Allah…” celetuk salah satu si kembar yang membuat saya “YES!” dalam hati .

Buat saya ini pencapaian, sukses kecil. Lalu saya tanya: ” Lah kemaren2, emang kamu pikir sholat itu ngapain?”

“Aku pikir, dulu itu cuma gerakan2 aja sambil berdoa. Gitu aja. Gerakan gak ada arti gitu lo”

Tapi kemudian dia menyambung dengan pertanyaan:

” Aku masih bingung, kenapa Allah menciptakan manusia jahat untuk dimaksukkan ke neraka? kenapa gak semua manusia dibuat baik?”

Cukup lama terdiam sih saya… mikir sejenak lalu bilang begini:

 

“Pertanyaannya, kalau jahat tak ada, gimana kita bisa bandingin mana jahat mana baik? Gimana kita bisa tau mana barang yang bagus kalau gak pernah liat yang jelek? gimana kita bisa tau terang itu seperti apa kalau tak tau gelap? Jadi, sebetulnya Allah memberikan pilihan pada manusia untuk jadi jahat atau jadi baik. Nah ada yang milih jadi jahat maka masuk neraka dia. Karena Allah itu Tuhan yang Maha Tahu, Allah sudah tau kalau manusia itu bakal milih jadi jahat. Tapi kita sesama manusia tak ada yang tau siapa yang berakhir jahat siapa yang berakhir baik, Allah tau kita tak tau. Allah tau juga siapa yang nanti berubah dari baik ke jahat dan siapa yang berubah dari jahat ke baik karena Allah Maha Tahu, sementara kita manusia gak tau.”

“Kok kalau Allah sudah tau orang mau jadi jahat kok gak dirubah?”

“Karena manusia diberi kebebasan memilih oleh Allah supaya adil. Dari kebebasan itu, Allah sudah tau kita mau milih yang mana karena Allah Sang Maha Tahu. Jadi antara kebebasan yang kita punya dan ke-Maha Tahuan Allah itu seiring. Itu sebabnya kamu harus selalu dekat dengan Allah, supaya kamu bisa memilih jalan yang benar… Allah akan memberikan petunjuk sebelum kamu menggunakan hak pilihmu itu. Dan Allah akan Maha Tahu kamu bakal milih apa….”

“Jadi gunanya sembah Allah supaya disayang Allah?”

“Iya doong… Allah suka hamba yang inget sama Allah.. itu namanya kembali pada Allah.. kamu nyembah karena inget sama Allah, trus kamu kembali ke Allah… sehari berapa kali kamu kembali ?”

” Lima… padahal harusnya kan 500x ya?”

“Iya.. 5 sedikit kan? lagian penduduk surga nanti bisa jadi sehari 200x nyembah Allah atau 500x nyembah Allah. Kerjaannya penduduk surga menyembah Allah lo… kamu harus latihan kalau mau tinggal disana. Disana gak ada perintah sholat, tapi semua penduduknya cinta sekali sama Allah sampai tiap saat mereka menyembah Allah tanpa diperintah”.

Anak saya mangut… semoga dia mengerti sampai berkesan di hatinya…