Saya lupa dengar di dakwah yang mana sehingga tak bisa mengikutkannya di tulisan ini, yaitu tentang “jalan” yang dimiliki masing2 manusia. Jalan itu ternyata tak pernah sama dan tak akan sama. Dalam artian, apa yang membuat saya melakukan turning poin, tak bisa saya terapkan atau sharing atau menyarankannya pada orang lain, TAK AKAN PERNAH BERDAMPAK SAMA!

Dalam sebuah kelompok pengajian, masing2 orang memiliki sudut pandang masing2 terhadap sang pendakwah, ada yang melihatnya lurus arah jam 12, ada yang melihatnya dari arah menyudut, ada mungkin yang dari belakang dan lain-lain. Demikian pula dengan pendengaran. Mereka semua bisa saja membahas hal yang sama, mengkaji surah yang sama, mendengar kata-kata dan kalimat yang sama dari sang pendakwah, but, hal-hal yang berkesan dalam hati mereka bisa dipastikan berbeda beda. Ada yang terkesan dengan kalimat A, kalimat B, C, dan seterusnya. Siapa yang mengarahkan “keterkesanan” itu? Allah did! Dan apa yang berkesan bagi saya, tak berkesan bagi kamu, tidak juga bagi dia atau dia atau dia atau siapapun itu. Dan apa yang membuat hatimu tergerak, tidak akan membuat hati saya tergerak. Apa yang membuat dia terpesona dan sadar dan insaf, belum tentu membuat kita juga terpesona, sadar atau insaf.  Siapa yang lebih tau tentang diri kita kalau bukan Sang Pencipta sendiri? maka ditanganNYAlah semua keputusan itu berpulang. Seorang pendakwah hanya sebagai penyampai…. hanya sebagai alatNYA, dan kita hanya diminta berniat, diminta berikhtiar membuka hati, agar hidayahNYA itu bisa melaju masuk secara mulus dan tertanam kuat dalam hati kita masing2.

Petunjuk2NYA hanya datang pada orang2 yang takwa kepadaNYA…..

Ibarat sebuah buku pintar dari seorang dosen. Sang dosen akan berkata pada seluruh murid didiknya bahwa “Buku pintar ini akan sangat bermanfaat bagi kalian, pelajari saja”, tapi apakah semua murid akan serta merta mempelajari buku pintar tersebut? tentu tidak. Tetapi akan ada murid yang dengan serius mempelajari buku itu….. this adalah orang2 yang bertakwa itu dan merekalah yang dijanjikan mendapatkan petunjukNya.

 

Advertisements