Mendadak saya bak terilhami sesuatu yang selama ini tak terpikirkan oleh saya.

Ternyata apa yg dimaksud dengan “Allah gives what we need, instead of what we want in the first place” tak hanya berlaku untuk sesuatu yang bersifat materi or duniawi, tetapi juga meliputi keimanan, ketakwaan, atau kesabaran.

Artinya ada masa masa dimana kesabaran kita diuji dengan masalah yang jauh lebih berat, semata mata karena Allah knows best apa yang kita butuhkan untuk mencapai tingkat tertentu yang Dia inginkan kita capai. Ini juga harusnya bagian dari doa yang dikabulkanNya. 

Misal… kita berdoa dimasukkan dalam jannahNya, Allah tentunya Maha Paham .. Maha Tahu syarat apa saja yang kita perlukan untuk masuk dalam jannahNya bukan? Salah satu ketentuan penduduk jannah bukankah manusia yang pandai bersyukur dan bersabar? Bersyukur bisa dinyatakan dengan berbuat baik (deen) tetapi bersabar? Hanya Allah yang bisa menciptakan kondisi tertentu untuk kita sehingga kesabaran kita terbentuk, dan setelah terbentuk bisa mencapai level tertentu yang telah disyaratkan pada seluruh bakal penghuni jannah…

So…. yang kita butuhkan itu apa ? Really cuma Allah yang Maha Tahu. Ntah kita diberi pasangan yang menguji keimanan dan kesabaran, ntah kita ditempatkan dalam situasi super sulit yang memaksa kita untuk mau tak mau melakukan sajdah kembali padaNya karena sadar bahwa tak ada yang Maha Penolong selain Dia (iman dan tawakal) 

Jadi dari sekian banyak keinginan kita, Allah memilihkan yang terbaik untuk kita yang diijabah olehNya. Dan dalam proses pengabulan itu, Allah memberikan yang kita butuhkan. 

Hold on,… Dia sedang melakukan yang terbaik untuk saya, kamu, untuk kita semua. 

Subhanaa Allah…. saya baru ngeh 🙂

Advertisements