Orang yang saya pilih untuk saya jagokan sebagai gubernur DKI kalah voting. Tapi tak mengapa, saya percaya Tuhan tidak tidur dengan membiarkan orang baik dan amanah di dholimi sedemikian rupa. Selalu ada rencana besar dibalik sebuah perubahan, ntah perubahan itu dikehendaki ataupun tak dikehendaki; ntah perubahan itu sesuai dengan keinginan dan harapan kita atau malah sebaliknya. Yang Allah janjikan hanya satu : Trust Me, Allah itu Maha Adil dan sebaik-baik Perencana. Then be it.

Yang jelas lewat kasus “tersingkirnya gubernur hebat” ini saya bisa melihat siapa-siapa saja yang punya “bibit” intoleransi, susah memaafkan, rasial, gampang terhasut, retorika daripada kerja nyata, dan tabayunless. Silahkan tambah sendiri sisanya (kalau masih ada). Seperti mencampurkan air dan minyak dalam satu gelas kasus….”pemisahan” itu terlihat sangat nyata, mana kumpulan minyak dan mana kumpulan air, begitulah yang terjadi dengan pesta demokrasi DKI.

Hak kalian menyalahkan seseorang, dan hak kalian memilih seseorang, tapi bibit yang kalian punya dalam hati menunjukkan siapa kalian. Saya tak akan mengutak-atik apa yang sudah ada dalam hati kalian itu karena bukan saya yang meletakkannya disana. Kalau Tuhan berkenan, Tuhanlah yang akan mengangkatnya, bukan saya.

Itulah sebabnya ketika saya diajak debat tentang mengapa tuduhan “penista” itu keluar, setelah yang dituduh penista itu kalah voting, saya benar2 sudah muak. Bibit2 itu sudah ada dalam dirimu dan saya bukan Sang Maha Membetulkan. Bibit2 itu pulalah yang di”makani” sehingga orang baik kalah. Bibit2 itu yang selama ini saya coba “hilangkan” dengan menunjukkan banyak pendapat lain “diluar” kotak mereka, dan ternyata tak berhasil. Bibit2 itu tumbuh subur bak lumut di kolam lembab tak terpakai. Bukan urusan saya membersihkan bibit2 itu, saya hanya menyampaikan. Apabila tak bisa diterima ya sudah. Keep it yourself. Semoga membawa kebaikan untuk dirimu. I am out.

Kadang2 memang ada hal yang tak perlu dipaksakan untuk diterima.

377fe0dadfec9f31ac5332a5f376210f420f08109317028b4effccc543294204

